a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting
dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file.

b. Mouse
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau
kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat
dibanding dengan keyboard.

c. Touchpad
Adalah sebuah alat input yang biasanya digunakan pada
laptop, sebagai penggerak kursor pada monitor melalui stimulasi gerakan jari
yang menyentuh touchpad tersebut, dengan fungsi ini pula touchpad digunakan
sebagi pengganti mouse.

d. Light
Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan
untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen
memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian
direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik
setiap baris per detik.

e. Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.


f. Barcode
reader
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.

g. Webcam (singkatan dari web camera)
adalah sebutan bagikamera real-time (bermakna
keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat
melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call.
Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web kadang-kadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan
pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan
pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama
kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya,
cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam.
Webcam atau web camera adalah sebuah kamera videodigital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) portUSB ataupun
port COM.

h. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

i. Kamera
Digital
fungsi dari kamera digital sama seperti fungsi kamera pada umumnya, yaitu
untuk mengambil gambar dan menyimpannya dalam sebuah media. perbedaan kamera
digital dgn kamera biasa adalah di media penyimpannya. pada kamera digital,
gambar disimpan dalam bentuk format digital di sebuah media penyimpan digital
(memory card).

j. Mikropon
dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

k. Graphics
Pads - Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek
pada monitor, dengan teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat

No comments:
Post a Comment